K-movie: SUNNY


.

Pengacara (baca:pengangguran banyak acara) punya sejuta cara untuk menghilangkan kappu, salah satunya nonton film. Dulu ane gak doyan sama yang namanya K-movie, kalo K-drama sih gue embat. Tapi kalo K-movie ane ogah-ogahan ngedownload, hingga akhirnya semesta memperkenalkan saya dengan Han Hyo joo di Postman To Heaven. Buseeeeeet sumpah demi apapun, akhirnya ane jatuh cinta sama K-movie. K-movie emang jauh beda sama produk Hollywood yang memamerkan kecanggihan tekhnologi dan lekukan tubuh ala Megan foxx, lebih beda dari Bollywod yang suka joget-joget di padang rumput. K-movie hadir dengan konsep yang beda dan tak kalah luar biasa. Well, kali ini ane nggak sedang bahas film Postman To Heaven yang bikin ane jatuh cinta pada pandangan pertama sama Kim Jaejoong:)



Bercerita tentang persahabatan 7 orang, film ini mampu menyajikan banyak hal dalam sebuah bingkisan bertulis "SUNNY"
Babak pertama dibuka dengan tokoh bernama Lim Na Mi (Yoo ho Jeong), seorang ibu rumah tangga yang sedang melakukan aktivitas paginya. Mannnn rutinitasnya keren, ane sempet bergumam, keren kali yee jadi emak kayak dia. hahaha.lagu "Time after Time" milik Cindy Louper yang sempat dicover banyak artis terlantun menemani Lim Na Mi, kali ini versi Tuck and Patti. Sepintas opening ini mengingatkan kita akan film Ghibli's studio "From up on puppy hill"
Yang bikin aneh sama opening neh film adalah karakter Lim Na Mi yang sepertinya terbiasa "dikacangi" oleh suami dan anaknya. Maklum juga seh suaminya kayak orang sibuk dan anaknya, begh dingin banget. well, film ini tidak sedang membahas keluarga Na Mi, ini tentang "SUNNY"




Kang Hyung Chul kemudian mempertemukan Na Mi dan Chun Hwa ( Jin Hee Kyung) di sebuah rumah sakit, yah sudah pasti secara kebetulan. Chun Hwa ternyata adalah teman lama Na Mi yang sedang mengidap kanker paru-paru stadium 4. Chun Hwa yang sekarat secara tidak langsung meminta Na Mi untuk memepertemukannya dengan "SUNNY". And story just begin. Na Mi kemudian pergi ke sekolahnya dan penonton diajak berwisata ke dalam kenangan Na Mi. Saya jadi ingat part lyric-nya Time after time. dan kepikiran keren banget neh orang yang memasukkan Time after time jadi original soundtracknya hahaha.



Lim Na Mi (Sim Eun Kyung) adalah murid baru sekolah putri di Seoul. Seperti anak baru pada umumnya Na Mi nggak lepas dari yang namanya "Bully", beruntung Na Mi kemudian dipertemukan Chun Hwa (Kang So Ra) yang berperan jadi ketua geng yang amat sangat disegani seluruh siswa di sekolah. Chun Hwa adalah kepala geng dengan 6 anggota yang terdiri dari Jang Mi (Go Su Hee) seorang gadis gemuk yang ingin sekali punya mata lebar, Geum-Ok ( Nam Bo Ra) putri seorang profesor yang punya kepribadian rada-rada hiper, Bok Hee (Kim Bo MI) seseorang yang punya obsesi menjadi Miss Korea, Jin Hee (Park Jin Joo) gadis dengan kemampuan mengumpat paling sempurna dan Soo Ji (Min Hyo Rin) si Ice princess yang cantik banget. Bisa ditebak, Na Mi akhirnya menjadi anggota ke 7 dalam geng Chun Hwa. Dan merekapun menamainya dengan "SUNNY"








Cerita kembali ke masa depan dimana Na Mi akhirnya bertemu dengan Jang Mi (Kim Min Yeong). Bersama Jang mi lah akhirnya mereka menemukan Geum ok (Lee Yeon Kyeong), Book Hee (KIm Seon Kyeong) dan Jin Hee (Hang Jin Hee)dengan cara menggunakan jasa detektif. Kembalinya Sunny yang pernah terpisah selama 25 tahun membawa kita pada kebahagiaan, kesedihan dan juga keharuan.

Sekali lagi sang sutradara yang sekaligus penulis naskah Byung Chul yang pernah sukses dengan Speed Scandal membuat ide cerita sederhana tentang persahabatan menjad sesuatu yang wajib ditonton. Byung chul bisa membagi part drama dan part komedi kemudian menggabungkannya menjadi sesuatu yang enak ditonton. Membawa kita bolak balik dari masa sekarang ke masa lalu tanpa harus bingung dengan alur ceritanya.Jadi nggak heran jika akhirnya film ini menjadi box office di negeri gingseng di bawah Arrow the Ultimate Weapon.



Dibalik suksesnya "SUNNY", film ini minim artis papan atas. Satu-satunya pemeran yang mungkin familiar, itu adalah Kang So Ra, yang akrab kita lihat sebagai istri leader Super Junior, Lee Teuk di acara We Got Married. Yah jika anda penggila K-pop mungkin anda juga akan mengenali Min Hyo Rin yang berperan sebagai Ice Princess, Soo Jin. Meski begitu jangan coba meremehkan akting mereka.Akting mereka pantas di acungi jempol.

Byung chul memberikan part komedi yang bener-bener gokil ketika SUNNY harus perang melawan geng SNSD, dan membuat kita ikut terhenyak ketika SUNNY harus terpisah. Banyak yang berpendapat "SUNNY" adalah film yang tak cukup realistis dengan penyelesaian masalah yang terlalu sempurna. Menurut saya, memang seharusnya endingnya seperti itu. Akan sangat mengecewakan jika  "SUNNY" berakhir dengan tragis. Dan menurut saya endingnya gak sempurna-sempurna amat. Terlepas dari semua hal tentang "SUNNY" film ini memang pantas mendapatkan banyak apresiasi. Ini adalah film persahabatn terbaik yang pernah saya tonton, bagian faforit saya adalah ketika Byung Chul mampu menyisipkan cerita cinta segitiga Na Mi, dan menyelesaikannya dengan amat sangat keren. Kim Si Hoo dibuat begitu menawan seperti Terrius Grandchester yang membuat kisah "SUNNY" terasa lebih hidup. Dan surat wasiat Chun Hwa toh membawa "Happy Ending" yang tak biasa untuk film ini. Tak lupa Kang Byung Chul memberikan sentuhan terakhirnya dengan memberi penonton kejutan di akhir acara. Well, you are the stars of your life


THE END

Your Reply

I Am A Dusk Pirate

I Am A Dusk Pirate

Dusk and Summer

Dusk and Summer